Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Gampang Melaksanakan Rekrutmen Karyawan

 Cara Praktis Melakukan Rekrutmen Karyawan 3 Cara Praktis Melakukan Rekrutmen Karyawan

Sebagian besar pebisnis berjuang untuk menemukan dan merekrut bakat terbaik sebagai pegawainya. Tetapi, merekrut pegawai yaitu kiprah yang sangat menantang. Bahkan, bagi tim HR profesional sekalipun.

Baca juga : Gratis!! 12 Situs Penyedia Template CV/Resume Yang Mampu Memikat HRD

Jika hingga Anda menempatkan kandidat karyawan di daerah yang salah, maka bisnis Anda akan merugi serta waktu dan biaya yang sia-sia pada ketika proses rekrutmen. Untuk itulah disini kita akan bagikan beberapa cara gampang rekrutmen karyawan yang sanggup Anda coba pertimbangkan:

#1. Media Sosial


Di kala digital menyerupai sekarang, siapa yang tak mempunyai akun media sosial? Tidak terkecuali bakat – bakat berbakat yang sengaja memajang profil di akun media sosial. Bukan hanya LinkedIn, ketika ini dalam pencarian kerja, para calon kandidat juga mencari pekerjaan melalui sosial media lain menyerupai Twitter atau Facebook.

Yang harus dilakukan oleh perusahaan yaitu memanfaatkan media umum sebagai media pemasaran yang lebih efektif. Jika bisnis Anda sudah mempunyai akun media sosial, mengapa tidak memanfaatkannya lebih jauh? Misalnya, Anda sanggup memasang gambar atau foto dengan teks yang menuliskan lowongan kerja. Beritahu followers perihal rekrutmen ini. Dengan begitu informasi lowongan pekerjaan akan tersebar dengan sendirinya.

#2. Koneksi


Ketimbang mencari kandidat yang sama sekali belum diketahui latar belakangnya, Anda sanggup menemukan bakat terbaik melalui jalur koneksi atau rekomendasi dari kolega bisnis Anda.

Di komunitas pebisnis tentunya ada banyak bakat dan karyawan berbakat yang sanggup diandalkan. Mereka kadang tidak segan untuk berpindah perusahaan jikalau mendapat benefits yang sesuai.

Cara alternatif, juga sanggup melalui rujukan teman kerja, para pegawai secara internal, dan sebagainya. Dengan begitu, calon kandidat tidak hanya terang latar belakang dan riwayat karirnya, tetapi juga merupakan orang yang dikenal oleh pergaulan sosial Anda.

#3. Aplikasi Rekrutmen Karyawan 


Banyak perusahaan yang kesulitan mendapat karyawan gres alasannya banyak sekali hal. Termasuk tidak mempunyai database atau platform yang sanggup menyimpan data – data calon pelamar.

Baca Juga : Mudahnya melaksanakan proses rekrutmen dengan Aplikasi Rekrutmen LinovHR

Inilah manfaat dari aplikasi rekrutmen karyawan. Pelamar hanya perlu mengisi halaman data personal untuk mengirimkan resume secara online. Melalui sebuah database yang terstruktur, tim HR sanggup menyeleksi calon kandidat menurut kebutuhan. Misalnya, menurut usia, jenjang pendidikan, pengalaman kerja, dan sebagainya.

Jika hasil penyaringan sudah memperlihatkan data hasil, tim HR sanggup menyusun jadwal untuk melaksanakan sesi wawancara atau interview dan bertatap muka eksklusif dengan si calon kandidat. Dengan begitu, sistem aplikasi rekrutmen karyawan akan mempermudah tim HR dalam mencari karyawan gres atau rekrutmen secara lebih efisien waktu dan tenaga.

LinovHR membantu tim HR untuk merekrut karyawan dengan aplikasi yang otomatis dan gampang digunakan. Hanya beberapa klik, database para calon pelamar kerja sudah tersusun, dan tim HR hanya perlu menyeleksi sesuai kebutuhan posisi lowongan. Mudah, efisien dan praktis. Dapatkan akun trial gratis LinovHR kini juga untuk menandakan keunggulannya.

Akhir Kata
Silahkan aktifkan notifikasi lonceng pemberitahuan di sudut kanan bawah untuk terus mendapat artikel menarik dari kita & mari share artikel kita ke sosial media dan teman kalian siapa tahu bermanfaat bagi mereka, supaya goresan pena kita selalu menawarkan solusi terbaik bagi pembaca.
Sumber https://www.pasarpanduan.com/